BelajarAdsense

Rabu, 16 November 2011

Konektivitas ASEAN Dimulai dari Konektivitas Nasional

NUSA DUA, KOMPAS.com - Konektivitas kawasan ASEAN akan memberikan manfaat bersama jika didahului dengan konektivitas nasional di tiap negara anggota. Tanpa itu, konektivitas kawasan tidak akan memberikan manfaat secara merata. Ada negara yang diuntungkan, tetapi juga ada yang dirugikan.


Jadi nggak mungkin jalur perbatasan kita terkoneksi baik dengan negara tetangga, sebelum, konektivitas di dalam negeri tergarap dengan baik. Kalau dilakukan, Indonesia bisa rugi karena pasar di daerah perbatasan akan diambil negara tetangga.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, sebelum menghadiri acara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-19 ASEAN di Nusa Dua, Kamis (17/11/2011).

"Jadi nggak mungkin jalur perbatasan kita terkoneksi baik dengan negara tetangga, sebelum, konektivitas di dalam negeri tergarap dengan baik. Kalau dilakukan, Indonesia bisa rugi karena pasar di daerah perbatasan akan diambil negara tetangga," ujarnya.

Gita berharap pembangunan infrastruktur fisik segera terealisasi untuk membenahi jalur distribusi perdagangan di wilayah domestik.
AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service
Free Automatic Link